Psikotes Recruitment Karyawan Bank

Ketika memutuskan untuk mengikuti seleksi recruitment karyawan baru untuk sebuah bank, entah itu swasta maupun umum, biasanya Anda diharuskan untuk mengikuti serangkaian tes. Termasuk dalam rangkaian proses seleksi tersebut adalah lulus ujian psikotes. Tes yang ditujukan untuk mengetahui aspek psikologi calon karyawan ini seakan menjadi proses yang wajib untuk diikuti para pelamar.

Ada baiknya Anda menyiapkan terlebih dahulu agar psikotes Anda mendapat hasil maksimal. Berikut ini beberapa tipe soal yang ditemui dalam tes psikotes melamar kerja di bank:

  1. Tes Spasial (Pola Gambar)

Tes ini digunakan untuk mengukur logika penalaran serta kemampuan peserta dalam membayangkan, menerka dan mensimulasikan objek ke dalam pikiran mengikuti pola.

  1. Tes Matematika

Terdiri atas 2 tipe soal, soal cerita dan soal hitungan dengan batas waktu tertentu.

  1. Tes Analog Verbal

Berisi soal sinonim, antonim maupun analogi kata. Bisa pula berupa premis berikut simpulan untuk mengetahui kemampuan peserta menganalisa logika suatu masalah.

  1. Kraeplien

Terdiri atas baris dan deret angka dalam bentuk lajur. Peserta diminta menjumlahkan angka-angka dari atas ke bawah dalam waktu tertentu pada tiap kolom lalu menuliskan hasil di sampingnya.

Tes ini mengukur ketahanan, konsistensi, stress, fleksibilitas, ketelitian dan kecepatan peserta .

  1. Wartegg

Tes menggambar yang berisi bentuk tertentu untuk menggali emosi, imajinasi, intelektual hingga aktivitas peserta.

  1. Draw A Man

Peserta harus menggambar sosok manusia lalu deskripsikan usia, jenis kelamin serta aktivitas sosok itu. Tes ini bertujuan mengetahui tingkat kepercayaan diri, tanggung jawab, kestabilan dan ketahanan.

  1. Army Alpha Intelegence

Terdiri atas kombinasi deret angka dan deret bentuk yang masing-masing berkaitan satu sama lain. Tujuan dari tes ini adalah mengukur kemampuan daya tangkap peserta untuk menerima lalu melaksanakan instruksi.

  1. Menggambar Pohon

Tes yang meminta peserta menggambarkan sebuah pohon dengan kriteria tertentu dengan aspek penilaian tertentu pula.

  1. Edwards Personal Preference Schedule

Berisi soal-soal dengan 2 pilihan jawaban yang seharusnya paling mencerminkan diri peserta. Tes ini dimaksudkan untuk menganalisa motivasi, kebutuhan serta motif peserta.

Demikianlah tadi beberapa contoh soal tes psikotes melamar kerja di bank yang dapat Anda pelajari terlebih dahulu. Namun pada intinya persiapan yang Anda lakukan hanya untuk membantu Anda lebih percaya diri mengerjakan psikotes dan tetap memberikan jawaban yang jujur.

Related posts: